Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2023, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Persyaratan untuk mendaftar beasiswa LPDP 2023 atau Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 wajib diperhatikan mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini.

Perlu diketahui bahwa beasiswa LPDP 2023 terdiri dari beberapa program beasiswa dan dibagi lagi menjadi beberapa kategori beasiswa. Tiap kategori beasiswa LPDP memberikan biaya pendidikan secara penuh hingga tunjangan hidup. 

Sebelum mendaftar, lebih baik kamu perhatikan akan memilih program beasiswa LPDP di kategori apa. Berikut 3 program beasiswa LPDP 2023 kategorinya:

1. Reguler (umum): Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), beasiswa reguler, dan beasiswa co-funding;

2. Afirmasi: Beasiswa Putra-Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Prasejahtera;

3. Targeted: Beasiswa Pendidikan Kader Ulama; Beasiswa PNS, TNI, dan Polri; Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material; dan Beasiswa Kewirausahaan.

Baca juga: Berapa Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP?

Syarat daftar beasiswa LPDP Reguler

Persyaratan umum 

Setelah tahu program beasiswa LPDP dan kategorinya, ketahui syarat pendaftaran beasiswa LPDP Reguler mengacu pada syarat pendaftaran beasiswa LPDP tahun lalu. Persyaratan umum Beasiswa Reguler sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor. Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan
  • Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).

Baca juga: Biaya Tes TOEFL, IELTS dan TOEIC

3. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+