Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 14:57 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kiprah membangun negeri melalui dunia pendidikan terus ditegaskan Muhammadiyah dengan bertambahnya satu Universitas di wilayah Sinjai, Sulawesi Selatan.

Pada Kamis (19/1/2023), Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai resmi beralih bentuk menjadi universitas. Kini, IAIM Sinjai berganti nama menjadi Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD).

Baca juga: Tambah 1, Kini Muhammadiyah Punya 82 Universitas

Izin perubahan bentuk IAIM Sinjai menjadi Universitas Islam Ahmad Dahlan tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 1502 Tahun 2022 yang diteken langsung Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Dengan perubahan ini, maka Muhammadiyah memiliki dua perguruan tinggi di wilayah Sinjai, yakni Universitas Muhammadiyah Sinjai dan Universitas Islam Ahmad Dahlan.

Menanggapi capaian ini, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyampaikan rasa bangga kepada IAIM Sinjai dan Persyarikatan Muhammadiyah.

Dirinya berharap, berdirinya perguruan tinggi ini makin memajukan pembangunan sumber daya manusia di wilayahnya.

"Saya Andi Seto Gadhista Asapa selaku Bupati Sinjai mengucapkan selamat dan sukses atas peralihan bentuk IAIM Sinjai menjadi Universitas Islam Ahmad Dahlan. Semoga kampus ini bisa mencetak lulusan-lulusan terbaik yang bisa memajukan Kabupaten Sinjai," kata dia dalam keterangannya melansir laman Muhammadiyah, Senin (23/1/2023).

Andi lalu mendoakan UIAD agar dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Sinjai yang unggul berkarakter Islami.

Baca juga: 6 Pilihan Kerja Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Tak Cuma Guru

"Saya doakan kampus ini bisa menjadi yang terdepan dalam mencetak generasi hebat. Sekali lagi selamat untuk para civitas akademika Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai," harapnya.

Tak lupa, dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk melanjutkan pendidikannya di Kabupaten Sinjai, sebab daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta ini telah memiliki dua universitas yang tidak kalah unggul dari daerah lain.

"Saya mengajak kepada kita semua, yang ingin melanjutkan kuliahnya cukup di Sinjai saja. Kita sudah punya dua universitas, ada Universitas Muhammadiyah Sinjai dan kini juga telah hadir Universitas Islam Ahmad Dahlan," ajak dia.

Sekadar informasi, kampus IAIM Sinjai yang kini menjadi UIAD beralamat di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara.

Baca juga: Masa Jabatan Kades 9 Tahun, Pakar UM Surabaya: Bertentangan Konstitusi

Kampus ini memiliki 11 program studi S1 dari 3 fakultas, dan 1 program studi magister (S2) jurusan pendidikan agama Islam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+