Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 20:33 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Rina Indiastuti menyerahkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen kepada 11 guru besar baru Unpad.

Penyerahan itu dilaksanakan di Executive Lounge, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (24/1/2023).

Baca juga: Mulai Besok, Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023 Tahap 1 Dibuka

Surat Keputusan tersebut diserahkan kepada Prof. Melisa Intan Berliana dari Fakultas Farmasi, Prof. Hj. Ninis Agustini Damayanti dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Prof. Nia Kurniati dari Fakultas Hukum, dan Prof. Sumanti Debby Moody dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian.

Kemudian Prof. Danar Dono dari Fakultas Pertanian, Prof. dari Fakultas Peternakan, Prof. Ida Widianingsih dan Prof. R. Nunung Nurwati dari FISIP, dan Prof. Rita Rostika dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Selanjutnya ada Prof. Didin Muhafidin dari FISIP dan Prof. Irna Sufiawati dari Fakultas Kedokteran Gigi.

Rektor menyampaikan pentingnya peranan guru besar terhadap penguatan reputasi akademik Unpad.

Guru besar, sebut dia, merupakan seorang intelektual yang mampu mengembangkan otonomi keilmuannya. Upaya ini tidak dilakukan sendirian, melainkan bersama-sama.

"Pentingnya peranan guru besar di dalam penguatan reputasi akademik Unpad itu adalah tidak bisa ditawar lagi," ucap dia dalam keterangannya dikutip dari laman Unpad.

Baca juga: Pakar Unair: Ini Arti Penjara Seumur Hidup untuk Ferdy Sambo

Tantangan yang dihadapi saat ini pun semakin kompleks. Berbagai perubahan pasca pandemi telah terjadi, termasuk perubahan sikap dan perilaku sivitas akademika.

Dia berharap, guru besar dapat berperan dalam menghadapi situasi tersebut dengan menyatukan kekuatan tim secara kolektif, efisien, dan efektif.

"Kita masuk pada tantangan dan cara baru yang seharusnya para Guru Besar baru mampu menjadi lokomotif di depan," jelas Rektor Rina.

Dia juga berharap para guru besar bukan hanya meningkatkan produktivitas untuk diri sendiri, melainkan juga unit, departemen, fakultas, dan universitas menuju tataran dunia.

Baca juga: Biaya Masuk Unpad Jalur SBMPTN atau SNBT 2023, Calon Mahasiswa Cek

"Silahkan mengisi bagian untuk mewujudkan Unpad top 500 dunia," tukas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+