Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+

Ini Prospek Kerja dan Gaji Ahli Mikologi yang Diperankan Christine Hakim di Film The Last of Us

python-ogre.org - 25/01/2023, 11:41 WIB

python-ogre.org - Universitas Indonesia jadi trending usai film HBO terbaru, The Last of Us menampilkan nama aktris senior Christine Hakim yang berperan sebagai profesor mikologi dari UI bernama Ratna.

Dalam salah satu adegan film, Ratna dijemput oleh tentara perwira tinggi TNI AD bernama Agus Hidayat yang diperankan oleh Yayu Unru untuk dibawa ke markas Kementerian Kesehatan meneliti jamur bernama cordycep yang menginfeksi seorang perempuan hingga menyerang para buruh pabrik tepung dan gabah. 

Apa Itu Mikologi? Dikutip dari Mikologi yang disusun Yani Suryani dan kawan-kawan, ilmu mikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu mengenai fungi atau jamur.

Baca juga: 6 Pilihan Kerja Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Tak Cuma Guru

Perintis ilmu mikologi di dunia adalah Pier Antonio Micheli, seorang ahli tumbuhan berbangsa Italia yang mempelajari jamur dan mempublikasikan bukunya berjudul Nova Plantarum Genera pada tahun 1729.

Ilmu Mikologi mempelajari seluk beluk jamur baik yang menguntungkan maupun yang merugikan bagi manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.

Dalam perguruan tinggi ilmu mikologi dipelajari di jurusan Biologi atau jurusan Pertanian sebagai mata kuliah. Selain UI, perguruan tinggi yang punya mata kuliah mikologi misalnya Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan masih banyak lainnya.

Selama kuliah, mahasiswa bisa mempelajari ilmu mikologi. Seperti yang dilansir dari laman UM, mahasiswa bisa memahami sifat-sifat morfologi, sitologi, fisiologi, klasifikasi jamur dan peran jamur dalam kehidupan. Lalu mahasiswa bisa memiliki ketrampilan mempelajari dan mengidentifikasi jamur.

Selain mikologi, mahasiswa juga akan mempelajari mikrobiologi. Keduanya jelas punya keilmuan yang berbeda. Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari organisme kecil atau makhluk hidup mikroskopik.

Prospek kerja Ahli Mikologi

Hingga saat ini, Ahli atau Pakar Mikologi di Indonesia masih sedikit.

Meski begitu, peluang bekerja sebagai ahli atau yang memahami Mikologi sangat besar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+