Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 14:02 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - IPB University telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Pramuka IPB University.

Kegiatan penandatanganan perpanjangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini disaksikan langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil dan Rektor IPB University yang diwakili oleh Ketua Dewan Racana Putra Pramuka IPB University, Muhamad Haikal Arrasuli.

Baca juga: Prof. Arif Satria Dilantik Jadi Rektor IPB Periode 2023-2028

Kegiatan penandatanganan PKS yang dirangkaikan dengan Appreciation Day Kwarda Jawa Barat, (18/1/2023) di Grand Pasundan Convention Hotel, Bandung.

Ketua Dewan Racana Putri yang merupakan Mahasiswa IPB Jalur Prestasi Pramuka Angkatan 1, Riana Jeany Nurhasanah mengaku, tentunya sangat senang mendengar Jalur Prestasi Pramuka IPB University ada lagi di tahun ini.

Karena melalui Jalur Prestasi Pramuka, banyak Pramuka Jawa Barat yang bisa menempuh pendidikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu IPB University.

"Hal ini menjadi bukti bahwa Pramuka dan pendidikan sangat mengapresiasi setiap prestasi, baik akademik maupun non akademik," ucap dia mengutip laman IPB, Rabu (25/1/2023).

Dia berharap setiap anggota Pramuka diberikan kesempatan untuk dapat memanfaatkan peluang ini dengan baik dengan berperan aktif di Racana.

"Dan mereka dapat memegang komitmennya di Pramuka IPB University," ungkap dia.

Baca juga: Ini 10 Kampus Tujuan Terfavorit, buat Daftar LPDP 2023

Dalam kegiatan ini IPB University mendapatkan apresiasi dari Kwarda Jawa Barat, yaitu Plakat Appreciation Day Kwarda Jawa Barat Tahun 2022.

Atalia Praratya Ridwan Kamil selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat menuturkan, setiap kegiatan atau niat baik bisa berjalan, tidak bisa sendirian dilakukan oleh Gerakan Pramuka (Kwarda atau Kwarcab) saja.

"Tetapi bantuan ini justru diberikan oleh orang-orang yang memiliki niat tulus. Terima kasih kepada para mitra," jelas dia.

Dia menambahkan, untuk persyaratan dan ketentuan calon Mahasiswa Baru IPB University Jalur Prestasi Pramuka Tahun 2023, akan segera disebarkan melalui Surat Edaran Resmi dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat.

Baca juga: Muhammadiyah Tambah 1 Universitas Lagi di Sulawesi Selatan

Namun, sebagai gambaran, Pramuka dapat mempersiapkan diri seperti menjadi Pramuka Garuda, Ketua Ambalan (Pradana) atau tergabung dalam dewan kerja, serta berprestasi di ajang internasional maupun nasional yang berkaitan dengan Pramuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+