Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 15:17 WIB

KOMPAS.com – Pengetahuan mengenai perbedaan diploma tiga (D3) dan strata satu (S1) merupakan hal yang penting diketahui para calon mahasiswa.

Sebab, kedua jenjang pendidikan tersebut berbeda dari durasi kuliah, sistem dan materi pengajaran, hingga gelar yang akan berpengaruh dalam menentukan karier di masa depan.

Supaya tidak bingung dan salah pilih program studi (prodi), berikut perbedaan antara D3 dan S1.

Pengertian program D3 (Diploma)

Program D3 adalah kepanjangan dari Diploma tiga yang berfokus membekali mahasiswa dengan praktik kerja sesuai bidang studinya.

Sebagai program vokasi, prodi pada D3 cenderung lebih mempersiapkan mahasiswanya menghadapi dunia kerja karena lebih berfokus pada praktik ketimbang teori.

Baca juga: Masih Ada Kesempatan, PMB Universitas BSI Periode Maret Gelombang 3 Kembali Dibuka

Program D3 lebih cocok bagi calon mahasiswa yang bertujuan langsung bekerja setelah lulus kuliah karena waktu pendidikannya yang lebih singkat ketimbang sarjana.

Umumnya, kurikulum Diploma  dirancang 70 persen praktik dan 30 persen teori sehingga mahasiswa tidak hanya sekedar duduk mendengarkan dosen bercuap ria, tapi juga turut andil dalam kelas praktik di laboratorium.

Tak hanya praktik saja, mahasiswa D3 juga diwajibkan magang di perusahaan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh saat kuliah.

Hal tersebut yang membuat program D3 lebih memiliki pengalaman praktik kerja. Meski hanya bergelar Ahli Madya (A.Md), lulusan D3 memiliki peluang yang sama untuk bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1 hingga S3.

Pengertian program S1 (Strata)

Program S1 atau strata satu merupakan gelar akademik yang menjadi impian banyak orang, bahkan tak jarang ada orang awam yang menjadikan gelar sarjana sebagai standar profil.

Baca juga: Miliki 35 Kampus di 20 Kota di Jawa dan Kalimantan, Universitas BSI Bebaskan Mahasiswa Baru Pilih Lokasi Terdekat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+