Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 16:14 WIB

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) memastikan akan melanjutkan komitmen pemberian beasiswa kepada mahasiswa guna mendukung terwujudnya pendidikan unggul.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Rektor UGM Bidang SDM dan Keuangan, Prof. Supriyadi. Ia mengatakan lebih dari 90 persen mahasiswa UGM memperoleh bantuan beasiswa dalam menyelesaikan studinya.

“Lebih dari 90 persen mahasiswa UGM memperoleh bantuan beasiswa dalam menyelesaikan studinya. UGM memberikan bantuan beasiswa ini sekitar Rp 206 miliar per tahunnya dalam 5 tahun terakhir,” paparnya pekan lalu dalam keterangan resmi.

Prof. Supriyadi menjelaskan, UGM memberikan beasiswa melalui besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang lebih rendah dari Biaya Kuliah Tunggal (BKT). BKT adalah estimasi besaran biaya per semester yang diperlukan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran bagi seorang mahasiswa.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Skripsi hingga Riset? Ada Bantuan Rp 10 Juta

Selain itu, lanjut dia, UKT di UGM terbagi menjadi 8 level dengan level tertinggi masih di bawah atau sama dengan BKT. Level UKT UGM disesuaikan dengan jumlah penghasilan orangtua mahasiswa.

Selama 5 tahun terakhir sebagian besar mahasiswa yakni 49,5 persen terdistribusi di UKT 3, 4, dan 5. Lalu, 18,5 persen di dua UKT terendah yaitu UKT 1 dan 2.

Berikutnya, sebesar 17,6 persen di UKT 6 dan 5,3 persen di UKT 7. Sementara hanya sebesar 9,2 persen jumlah mahasiswa yang membayar UKT tertinggi yakni UKT 8.

Supriyadi menyampaikan pemberian bantuan beasiswa ini merupakan bentuk keseriusan UGM dalam mendukung upaya mencerdaskan anak bangsa.

Langkah ini sesuai dengan jati diri UGM sebagai universitas kerakyatan yang selalu berusaha untuk terus memberikan manfaat dan kontribusi bagi masyarakat.

Baca juga: 10 Beasiswa S2 dengan Uang Saku Besar, Salah Satunya LPDP 2023

“Pemberian bantuan beasiswa untuk mewujudkan pendidikan unggul ini menjadi bagian dari kebijakan UGM untuk membantu mahasiswa, khususnya yang mengalami berbagai macam keterbatasan kemampuan ekonomi sehingga kesulitan untuk membayar uang kuliah,” terangnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+