Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 07:13 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) mengumumkan hasil seleksi Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Disabilitas tahun 2022.

Ada sebanyak 261 orang berhasil lolos seleksi beasiswa ADik dari 340 penyandang disabilitas yang mendaftar pada Oktober 2022 lalu.

Peserta yang berhasil lolos bisa mendapatkan kesempatan untuk menjalani perkuliahan di 80 perguruan tinggi akademik dan vokasi. Baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim menegaskan, akses mahasiswa penyandang disabilitas pada pendidikan tinggi dijamin dalam Peraturan Menristekdikti Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi.

"Perguruan Tinggi tidak boleh menolak mahasiswa penyandang disabilitas untuk belajar di kampusnya," kata Nadiem seperti dikutip dari laman Puslapdik, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: 7 Jurusan D3 Berprospek Kerja Cerah, Referensi SNPMB 2023

10 universitas menerima mahasiswa ADik disabilitas terbanyak

Dari data yang dimiliki Puslapdik, ada 10 universitas baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta yang menerima mahasiswa ADik Disabilitas 2022 paling banyak.

Berikut daftar 10 universitas yang paling banyak menerima mahasiswa lewat beasiswa ADik Disabilitas 2022:

1. Universitas Negeri Jakarta-UNJ (Jakarta) yang menerima 11 mahasiswa penyandang disabilitas fisik dan sensorik. Para mahasiswa ini tersebar di berbagai program studi.

2. Universitas Muhammadiyah Purworejo menerima 11 mahasiswa penyandang disabilitas fisik di berbagai program studi.

3. Universitas Brawijaya-Unbraw (Malang) yang menerima 10 mahasiswa penyandang disabilitas fisik dan sensorik. Mahasiswa ini juga tersebar di berbagai program studi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+