Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 13:10 WIB

KOMPAS.com - Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) masih dibuka pendaftarannya hingga 27 Januari 2023.

Program MSIB memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan magang atau kursus dengan proyek akhir di perusahaan kelas dunia, instansi pemerintahan, BUMN, hingga organisasi nonprofit.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek), Nizam mengatakan MSIB memfasilitasi pengalaman terjun langsung ke dunia industri untuk para mahasiswa sekaligus menyediakan calon talenta yang siap masuk dunia kerja.

Baca juga: Magang Bersertifikat Dikti 4 Dibuka, Beri Uang Saku hingga 20 SKS

“Program ini untuk membantu adik-adik mahasiswa agar lebih siap memasuki dunia profesi nantinya ketika mereka lulus,” ucap Nizam dalam acara Sosialisasi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Rabu (25/1/2023).

Untuk MSIB angkatan keempat, jumlah perusahaan dan instansi yang bergabung sebagai mitra sebanyak 187, dengan total kuota peserta sebanyak 31.368.

Jumlah pendaftar hampir dua kali lipat

Nizam menerangkan, mitra tersebut terpilih setelah melalui proses kurasi proposal, untuk memastikan bahwa program yang ditawarkan mitra dapat menghasilkan luaran yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dunia industri (DUDI) serta mempersiapkan mahasiswa dengan kompetensi masa depan.

“Kita kurasi sangat serius dari ratusan proposal mitra yang mengajukan. Kalau mahasiswa mengikuti satu semester program MSIB yang diselenggarakan secara nasional, dipastikan program tersebut memang sepadan dengan kompetensi 20 sistem kredit semester (sks) yang diperoleh mahasiswa,” terangnya.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Skripsi hingga Riset? Ada Bantuan Rp 10 Juta

Selama mengikuti program, mahasiswa magang akan diberikan proyek nyata yang berdampak pada kinerja perusahaan. Peserta magang juga diberikan pendampingan oleh mentor dan memiliki kesempatan untuk menjadi pegawai tetap.

“Tantangan pekerjaan di masa depan akan sangat tinggi. Program ini tentunya dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk persiapan karier mahasiswa di masa depan, tidak sedikit pula peserta program yang langsung direkrut oleh perusahaan tempat mereka melakukan magang atau studi independen,” tutur Wachyu Hari Haji, Kepala Program MSIB.

Kriteria calon peserta MSIB adalah mahasiswa minimal semester 3 untuk program studi D2, minimal semester 3 untuk program studi D3, dan minimal semester 5 untuk program studi D4 dan S1.

Untuk mengikuti program, mahasiswa harus menyiapkan Curriculum Vitae, Surat Rekomendasi, dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, serta memenuhi kualifikasi yang ditentukan oleh masing-masing mitra.

Hingga Selasa (24/1/2023), jumlah pendaftar program MSIB telah mencapai 58.414 mahasiswa atau hampir dua kali lipat dari kuota yang tersedia.

Baca juga: 10 Beasiswa S2 dengan Uang Saku Besar, Salah Satunya LPDP 2023

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+