Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Bangun Metaverse Seoul, Bakal Jadi Kota Digital Pertama di Dunia?

Kompas.com - 09/12/2021, 06:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhatian masyarakat pada kepemilikan tanah digital, Metaverse, semakin meningkat setelah Facebook mengganti namanya menjadi "Meta".

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (8/12/2021), Realm, perusahaan real estat digital di New York baru saja melaporkan pembelian mereka untuk tanah digital seharga 4,3 juta dolar AS atau setara dengan Rp 61,9 miliar.

Selain itu, Metaverse Group yang merupakan anak perusahaan Tokens.com juga diketahui telah melakukan pembelian tanah digital seharga 2,4 juta dolar AS atau sekitar Rp 34,5 miliar, pada November lalu.

Tidak mau ketinggalan, belum lama ini Pemerintah Metropolitan Seoul (SMG) Korea Selatan mengumumkan rencana mereka untuk mendirikan Metaverse Seoul.

Baca juga: Metaverse, Masa Depan Investasi Tanah Digital

Melalui rencana tersebut, Seoul akan menjadi kota metropolitan digital pertama di dunia, menurut Hybebeast.

Merupakan bagian dari proyek Seoul Vision 2030 yang digagas Wali Kota Seoul Oh Se-hoon, program percontohan ini akan mulai diluncurkan pada awal tahun 2022.

Dengan investasi yang sudah dikeluarkan sebesar 3,9 miliar KRW atau sama dengan Rp 47,3 miliar, Metaverse Seoul akan mencakup balai kota virtual, tempat wisata, pusat layanan sosial dan berbagai fasilitas lainnya untuk masyarakat.

Tidak hanya itu, melalui kota digital ini, warga Korea Selatan bisa menikmati tempat wisata terkenal di negaranya, seperti Gwanghwamun Plaza, Istana Deoksugung dan Pasar Namdaemun dengan hanya menggunakan headset VR.

Terdapat pula situs bersejarah Korea yang bangunan aslinya telah dihancurkan semasa penjajahan Jepang, yaitu Gerbang Donuimun yang akan direkonstruksi secara digital untuk dijelajahi.

Sementara itu, rencana lain yang juga telah diumumkan adalah penyelenggaraan Festival Lentera Seoul yang akan dilaksanakan mulai tahun 2023 hingga seterusnya.

Dalam lima tahun ke depan, Seoul juga berencana untuk menyelesaikan 20 tugas promosi di bidang ekonomi, pendidikan, budaya, pariwisata, komunikasi, pembangunan perkotaan, administrasi dan infrastruktur melalui 3 tahapan.

Adapun tahapan pertama adalah introduksi pada awal tahun 2022, diikuti dengan tahap ekspansi dari 2023-2024 dan tahap penyelesaian dari 2025-2026.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+