Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 20/11/2022, 18:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk merealisasikan salah satu proyek infrastruktur yakni Jalan Tol Cilacap–Yogyakarta.

Kehadiran tol ini sepanjang 121,75 km akan menghubungkan tiga provinsi sekaligus yakni provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sama seperti proyek konstruksi lainnya, pemerintah juga telah menetapkan timeline project Tol Cilacap–Yogyakarta agar bisa selesai sesuai target.

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR), tahapan pertama yang akan dilakukan adalah penyiapan proyek dan tender. Prosesnya akan berlangsung mulai tahun 2022 hingga 2023.

Baca juga: Proyek Tol Cilacap–Yogyakarta Bakal Telan Dana Rp 38 Triliun

Tahapan berikutnya adalah financial close dan pembebasan lahan. Ditargetkan tahapan ini dapat selesai dalam kurun waktu tahun 2023-2024.

Setelah itu, proses konstruksi pun bisa segera dimulai dan akan terjadi secara bertahap mulai tahun 2024 hingga 2029.

Rencananya pada tahun 2026, proses konstruksi pada beberapa ruas jalan sudah rampung hingga bisa dioperasikan secara bertahap hingga tahun 2074.

Proyek Jalan Tol Cilacap–Yogyakarta ini akan didanai melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan besar investasi mencapai Investasi Rp 38,47 triliun.

Baca juga: H-15 Lebaran, Jalan Tol Seluruh Indonesia Dipastikan Tak Lagi Berlubang

Dari total dana tersebut, besar biaya yang akan dialokasikan untuk pengadaan (porsi pemerintah) adalah Ro 2,37 triliun. Sementara besar dana yang dihabiskan untuk konstruksi sebesar Rp 27,21 triliun.

Proses konstruksi sendiri akan dibagi menjadi tiga tahapan yakni tahap pertama berlangsung mulai dari kuartal tiga (Q3) 2024 hingga kuartal dua (Q2) 2026. 

Kemudian tahap konstruksi ke dua akan berlangsung pada Q3 2026 hingga Q2 2028. Sementara konstruksi tahap ke tiga direncanakan terjadi pada Q3 2027 hingga Q2 2029.

Nantinya, Jalan Tol Cilacap–Yogyakarta akan terkoneksi dengan Jalan Tol Gedebage–Tasik–Cilacap, rencana Jalan Tol Pejagan-Cilacap serta dengan Jalan Tol Solo–Yogyakarta–YIA Kulonprogo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+