Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat banyak orang lain berlomba untuk menciptakan hunian berukuran luas, Van Bo Le-Mentzel melakukan hal sebaliknya.

Arsitektur sekaligus pendiri di Hartz IV Moebel ini menciptakan rumah terkecil di dunia yang berukuran hanya satu meter persegi seberat hanya 40 kilogram di Jerman.

Melansir Housing, Senin (18/4/2022), one-sqm house ini menawarkan pandangan futuristik ke dalam rumah kontemporer yang dapat berubah menjadi ruang publik.

Ide ini muncul karena fenomena kebutuhan ruang yang kian bertambah sementara lahan yang tersedia juga semakin sempit, terlebih di area perkotaan.

Rumah terkecil didunia ini dibangun dari struktur kayu yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal, kios keliling atau ruang ekstra di dalam apartemen biasa.

Baca juga: Deretan Rumah Teraneh di Dunia, Ada yang Terbuat dari Batu

Selain itu, rumah ini juga bisa digunakan secara horizontal maupun vertikal karena sistem flipping esque-nya.

Tersedia pula bingkai kayu, pintu yang dapat dikunci dan jendela geser hingga roda untuk memudahkan penghuninya memindahkan rumah ke mana saja.

Jelas Le-Mentzel, penghuni rumah ini bisa memutuskan mereka ingin jendela dan pintu rumah yang akan terbuka ke arah dan menghadap mana hingga memutuskan tetangga mana yang akan mereka miliki.

Salah satu USP terbesar dari rumah mungil adalah mereka hadir dengan ergonomi superior dan memaksimalkan ruang melalui inovasi.

Adapun Le-Mentzel sebenarnya adalah penduduk asli Laos, yang melarikan diri sebagai pengungsi dan telah menghabiskan sebagian besar kehidupan profesionalnya menjelaskan konsep-konsep yang berhubungan dengan rumah.

Baca juga: Unik, Menara Pengawas Ini Dirancang Mirip Struktur DNA Manusia

Ia juga bermitra dengan Corinne Rose dari BMW Guggenheim Lab di Berlin untuk membangun desa global yang terdiri dari unit ini. Mereka mendorong pengembangan banyak rumah mungil seperti itu oleh warga Berlin.

Sementara itu, lab juga akan menyewakan rumah-rumah ini untuk pelancong dan siswa, bahkan mereka juga bisa disewa di AirBnB.

Rumah itu seharusnya memulai tur enam tahun, ke seluruh dunia. Penduduk New York dan Mumbai, di antara mereka yang berada di kota-kota lain, akan didorong untuk melihat rumah-rumah mungil ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Housing
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+