Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2022, 08:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendapatkan persetujuan aksi korporasi pemisahan atau spin-off ruas Trans-Jawa ke dalam PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melalui program restrukturisasi badan usaha milik negara (BUMN).

Persetujuan tersebut didapatkan saat perseroan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPST) Tahunan Tahun Buku 2021, Rabu (27/4/2022).

Program restrukturisasi BUMN ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 56/PMK/010/2021 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas PMK Nomor 52/PMK/010/2017 tentang Penggunaan Nilai Buku Atas Pengalihan/Pemisahan Dan Perolehan Harta Dalam Rangka Penggabungan, Peleburan, Pemekaran, Atau Pengambilalihan Usaha, termasuk peraturan pelaksanaannya, untuk kepentingan perpajakan.

Baca juga: Sambut Pemudik, Intip Persiapan Jasa Marga di Sejumlah Tol Luar Pulau Jawa

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan rencana pengalihan divisi regional Jasamarga Transjawa Tollroad dari Jasa Marga ke JTT meliputi hak pengusahaan empat ruas segmen operasi Jalan Tol Trans-Jawa.

Ini juga sekaligus meliputi kepemilikan saham Jasa Marga di sembilan anak perusahaan Tol Trans-Jawa.

"Namun, Jasa Marga tetap mempertahankan kepemilikan saham dan pengendalian sebagai pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 99 persen di JTT," ungkap Heru dalam rilis, Rabu (27/4/2022).

Dengan dilakukannya pemisahan, maka JTT selaku entitas anak perusahaan diharapkan dapat lebih kompetitif dan fleksibel dalam mengambil keputusan bisnis guna menghasilkan nilai tambah bagi Jasa Marga.

Selain itu, diharapkan dapat mengembangkan dan mengelola aset pengoperasian jalan tol
yang lebih intensif ke depan agar terciptanya pemanfaatan optimal.

Pemisahan diharapkan dapat memberikan sejumlah manfaat kepada Jasa Marga dan para pemegang saham.

Contohnya, meningkatkan fokus Jasa Marga dalam menjaga kualitas proyek pengembangan
ruas jalan tol.

Baca juga: Hari Ini, One Way dan Ganjil Genap Mulai Berlaku di Tol Trans-Jawa! Catat Jadwalnya

Selanjutnya, memiliki kapasitas untuk meningkatkan struktur permodalan guna pengembangan usaha dan mengantisipasi peluang bisnis ke depan.

Hal itu termasuk perolehan investasi strategis dengan melakukan penawaran umum saham atau efek yang bersifat ekuitas lainnya, serta dapat memberikan dampak positif bagi Jasa Marga, pemegang saham, maupun anak perusahaan jalan tol yang dipisahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+