Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2022, 12:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melengkapi rumah susun (rusun) bagi anggota Polri Resor Gorontalo Utara dengan berbagai fasilitas lengkap.

Sejauh ini, rusun yang berlokasi di Desa Omboludata, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara tersebut sudah selesai dibangun.

Rencananya, proses serah terima aset kepada pihak pengelola nantinya Polres Gorontalo Utara dilaksanakan awal Juni.

Pada kunjungan rusun itu, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo Alwi Mahdali mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk melihat pembangunan rusun yang telah selesai pengerjaannya sekaligus menyiapkan proses serah terima aset.

Alwi menjelaskan, pihaknya telah membangun beberapa rusun di Gorontalo yang merupakan bentuk perhatian dan bagian dari Program Sejuta Rumah (PSR), salah satunya bagi anggota Polri Resor Gorontalo Utara ini.

Baca juga: Apa Perbedaan Rusun dan Apartemen?

"Kementerian PUPR Ditjen Perumahan Direktorat Rusun memang mempunyai tupoksi penyediaan hunian layak huni bagi TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (31/5/2022).

Dari data Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, total anggaran yang digunakan untuk membangun rusun anggota Polri Resor Gorontalo sebesar Rp 20,76 miliar.

Rusun ini dibangun dengan stau tower setinggi tiga lantai dan terdiri dari 44 unit bertipe 36 dan unit khusus penyandang disabilitas.

Kemudian, setiap unitnya dilengkapi dengan satu kamar tidur anak, ruang tamu, kamar mandi, pantry dan ruang cuci, serta kelengkapan meubelair.

Ini berupa kursi, meja, ranjang besar di kamar utama, dan ranjang tingkat bagi anak.

Tak hanya itu, hunian vertikal tersebut dibangun dengan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti ruang aula serbaguna, green water tank berkapasitas 50 kubik, instalasi listrik mencapai 1.300 watt per unit.

Ada juga CCTV, sound system yang terintegrasi area parkir, penerangan umum, serta sistem proteksi kebakaran seperti smoke detector, fire alarm, dan hydrant interior.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+