Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2022, 07:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tandon air merupakan salah satu fasilitas yang kerap dimiliki oleh masyarakat dewasa ini untuk menampung persediaan air.

Jika Anda memiliki tandon air di rumah, maka sangat penting untuk menjaga kebersihannya terutama bila airnya digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Bahkan jika air tersebut hanya digunakan untuk menyiram taman atau mencuci mobil, tetap penting untuk menjaga tandon air tetap bersih dan terawat untuk memperpanjang umurnya.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Tandon Air Diletakkan di Ketinggian

Seiring berjalannya waktu, sedimen dan bahan organik dapat menumpuk di bagian bawah tandon air dapat merusak pompa air serta menurunkan kualitas air.

Menjaga tandon air tetap bersih dan terawat adalah langkah penting untuk memastikan Anda memiliki akses ke air berkualitas tinggi.

Seperti dikutip dari Smart Water, tidak ada baku mengenai seberapa sering Anda harus membersihkan tandon air. Namun semakin sering dibersihkan, maka  akan semakin baik.

Sebagian ahli merekomendasikan agar tendon aiar Anda dibersihkan secara profesional setidaknya satu tahun sekali.

Namun ada juga yang menyarankan agar pembersihan dilakukan setiap enam bulan sekali terutama bila dipergunakan untuk air minum.

Faktor kunci lain yang akan menentukan seberapa sering Anda perlu membersihkan tandon air adalah dari mana sumber airnya.

Bila tandor air Anda berisi air yang telah disaring, maka kebersihan atap rumah sangat berpengaruh pada kualitas air. Karena itu, atap rumah wajib dibersihkan secara rutin. 

Agar tandon air Anda dapat bersih dengan maksimal, sangat disarankan untuk menggunakan layanan pembersihan tandon air profesional.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Tandon Air Plastik atau Fiberglass?

Layanan pembersih profesional ini akan menggunakan pompa vakum berkinerja tinggi untuk menghilangkan lumpur dan endapan dari dasar tangki air Anda.

Meskipun harus mengeluarkan biaya lebih, namun menggunakan layanan profesional jauh lebih aman dan menghemat waktu ketimbang harus Anda bersihkan sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+