Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2022, 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 420proyek aristektur resmi dinobatkan sebagai finalis World Architecture Festival (WAF) atau festival arsitektur dunia tahun 2022.

Proyek-proyek ini telah dipilih dari ratusan usulan proyek yang dikirimkan dari 50 negara, termasuk Portugal, Malaysia, Finlandia, Meksiko, Turki, Australia, Jepang, India, dan Inggris.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Direktur Program WAF Paul Finch mengatakan, jumlah dan kualitas finalis tahun ini sangat di luar dugaan.

“Kami berharap dapat bertemu langsung untuk melakukan penilaian di setiap kategori dan kemudian penghargaan terbaik acara nanti,” ujar Paul.

Baca juga: Para Arsitek Ingin Wujudkan Konsep Jakarta Lestari

“Tahun ini WAF akan merayakan ulang tahun yang ke-15 pada tahun 2022. Kami senang acaranya berlangsung di kota Lisbon yang megah dan berharap dapat terlibat kembali dengan para arsitek dan desainer dari seluruh dunia .” tambahnya.

Dari 417 proyek arsitektur yang menjadi finalis, terbagi menjadi tiga kategori penilaian, yakni Complete Building (254 proyek), Landscape (19 proyek), dan Future Projects (147 proyek).

Festival tahun ini akan kembali digelar secara tatap muka, di mana tiga tahun belakangan hanya berlangsung secara virtual karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

The Handan Wastewater Cleansing Terraces yang dirancang oleh Turenscape. Proyek ini adalah salah satu finalis WAF 2022WAF 2022 The Handan Wastewater Cleansing Terraces yang dirancang oleh Turenscape. Proyek ini adalah salah satu finalis WAF 2022

Tema festival tahun 2022 adalah "Together" atau Bersama dan akan berlangsung di Lisbon, Portugal, mulai dari 30 November hingga 2 Desember.

Festival ini juga menghadirkan para pakar yang akan mengeksplorasi dan memperdebatkan bagaimana arsitektur menanggapi pembaruan kehidupan pasca-pandemi dan peperangan melawan perubahan iklim.

Nantinya setiap proyek yang menjadi finalis akan diberikan penilaian saat WAF berlangsung. Para arisitek dan desainer akan bersaing untuk 43 hadiah kategori.

Baca juga: Ini Arsitek di Balik Indahnya Sirkuit Mandalika

Pemenang kategori kemudian akan bersaing satu sama lain pada hari terakhir festival untuk mendapatkan penghargaan tertinggi, yaitu World Building of the Year, Landscape of the Year, Future Project of the Year, dan Interior of the Year.

Peserta tahun ini juga merupakan hasil rancangan beberapa firma arsitek ternama, seperti Foster + Partners, 3XN, Zaha Hadid Architects , Studio Gang, Nikken Sekkei, Mecanoo, dan White Arkitekter.

Narendra Modi Stadium yang dirancang oleh firma arsitektur Populous. Bangunan ini menjadi salah satu finalis di WAF 2022WAF 2022 Narendra Modi Stadium yang dirancang oleh firma arsitektur Populous. Bangunan ini menjadi salah satu finalis di WAF 2022

Sementara itu, panel juri yang dihadirkan yakni Mario Cucinella, Tracy Meller, Sanjay Puri, Gonka Arik Caliskan, Sir Peter Cook, Yui Tezuka, Shane O'Toole, Eva Jiricna, Issa Diabaté, Nadia Tromp, Jo Noero, Ann Lau, dan Nigel Coates.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+