Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Jadi Bahan Kue, Baking Soda Juga Bisa Bikin Kolam Renang Kinclong Kembali

Kompas.com - 26/07/2022, 21:30 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Soda kue tak hanya bisa digunakan dalam proses pembuatan kue namun juga bisa membuat kolam renang Anda terlihat lebih kinclong. 

Ada dua manfaat menggunakan soda kue di kolam renang. Pertama, untuk meningkatkan alkalinitas dan tingkat pH air. Kedua, untuk menyingkirkan serangan alga hitam di dinding kolam renang.

Seperti dikutip dari Homes and Gardens, pendiri Cleaning Green LLC  Alicia Johnson, menjelaskan  soda kue (atau natrium bikarbonat) memiliki tingkat pH 8 sehingga merupakan bahan alkali alami.

Baca juga: Untung Rugi Punya Kolam Renang di Rumah Modern Minimalis

"Menambahkan baking soda ke kolam Anda akan meningkatkan tingkat pH dan alkali, yang akan membantu meningkatkan kejernihan kolam dan meningkatkan stabilitas air," kata Alicia. 

Banyak pembersih kolam komersial menggunakan baking soda sebagai agen aktif pembersih kolam.

Karena itu, daripada mengeluarkan banyak uang proses pembersihan kolam atau membeli cairan pembersih khusus, Anda bisa mencoba menggunakan baking soda terlebih dulu. 

Menurut Alicia, tingkat pH ideal untuk sebuah kolam renang harus berada di kisaran 7,2 hingga 7,8. Sementara itu, alkalinitas air harus berada di antara 110 dan 150 ppm.

Karena itu, untuk membersihkan kolam renang berukuran besar maka Anda kan membutuhkan soda kue dalam jumlah yang besar pula. 

Untuk memulai tindakan pembersihan kolam, ketahuilah takaran bakung soda yang harus digunakan.  Aturannya adalah menggunakan sekitar 680 gram soda kue untuk dilarutkan dalam 45 ribu liter air. Campuran ini dipercaya dapat meningkatkan PPM sebesar 10 angka. 

 

Setelah Anda menemukan kebutuhan baking soda yang tepat, Anda harus menambahkannya ke kolam dalam bentuk bubuk.

Kemudian tunggu sampai 6 jam agar baking soda benar -benar larut ke dalam air kolam. Namun, Anda bisa mempercepat proses dengan menyalakan sistem sirkulasi kolam. 

Baca juga: Bersihkan Oven dengan Cuka, Baking Soda dan Vanili, Hasilnya Menakjubkan

"Setelah 6 jam, atasi air kolam lagi, dan jika tingkat pH dan alkalinitas masih di bawah kisaran yang disarankan, maka ulangi langkah-angkahnya," tambah Alicia.

Kolam renang bisa menjadi nilai tambah pada rumah dan bisa menjadi daya tarik sendiri bagi para penyewa. Karena itu, selalu sediakan baking soda di rumah untuk pemberisihan secara rutin. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+