Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika membahas soal desain interior, kemungkinan besar Anda akan menemukan rekomendasi mengenai desain minimalis.

Selain untuk interior, konsep desain minimalis juga kerap digunakan oleh para pengembang perumahan dalam merancang hunian yang akan mereka pasarkan.

Namun, apa alasan desain minimalis menjadi begitu populer?

Salah satu pendiri Studio Air Putih sekaligus anggota ID12, kelompok desainer interior ternama Indonesia, Joke Roos menjelaskan terkait hal ini.

Menurut Joke, kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan lebih banyak waktu untuk dihabiskan di rumah menjadi salah satu alasan mengapa desain minimalis menjadi digandrungi.

Baca juga: 5 Tanaman Indoor yang Cocok Ditempatkan di Rumah Minimalis

"Setelah sekarang banyak orang tinggal di rumah, pasti mereka berpikir maunya punya barang yang low maintenance," katanya kepada Kompas.com, Senin (20/9/2022).

Selain itu, penghuni rumah juga akan berpikir soal cara meletakkan barang agar tidak terkesan berantakan, sehingga terciptalah minat terhadap desain minimalis.

Lanjut Joke, tren desain minimalis akan terus bertahan. Pasalnya, setiap orang pasti cenderung menyukai suatu desain tertentu yang tidak akan berubah drastis.

"Kalau tren kan general, tapi secara personality orang kalau misal suka klasik belum tentu suka modern, orang suka modern belum tentu suka klasik. Semuanya akan berjalan sepanjang masa dan balance," tambah Joke.

Di sisi lain, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan desain minimalis yang perlu diketahui.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Menata Interior Rumah Minimalis

Untuk kelebihan desain minimalis misalnya ruangan yang akan terasa lebih luas sehingga tidak menghalangi mobilitas penghuni. Juga dekorasi yang terasa menenangkan hingga mudah dibersihkan.

Sedangkan untuk kekurangannya, desain minimalis terasa membosankan bagi sebagian orang karena komposisi warna netral dan kosong.

Bahkan, desain minimalis bisa dianggap tak berjiwa karena gaya desainnya monoton dari dinding hingga furnitur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+