Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2022, 17:30 WIB
Penulis Thefanny
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kini, menjaga keamanan rumah menjadi lebih mudah, praktis, dan fleksibel. Dengan teknologi kunci pintu elektronik atau yang lebih dikenal dengan sebutan smart lock, Anda tidak perlu lagi pusing mencari kunci atau mengingat apakah sudah mengunci pintu saat meninggalkan rumah.

Jenis kunci ini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk membuka pintu hanya dengan kode pin, sidik jari, atau kartu akses.

Biasanya, kunci seperti ini banyak ditemukan dalam film dan drama Korea atau rumah-rumah mewah di film barat.

Di Indonesia sendiri, kunci elektronik ini belum lumrah digunakan. Meski begitu, tidak sedikit pengembang di Indonesia mulai beralih menggunakan kunci elektronik, khususnya untuk proyek hunian modern yang diperuntukkan generasi milenial.

Baca juga: Bangun Smart Home, NANO Siap Dukung Smart City Tangsel

Salah satu merek kunci elektronik yang menjadi favorit masyarakat saat ini adalah KEND, merek dari perusahaan Kenari Djaja.

Bahkan, merek ini juga memenangkan penghargaan The Golden Property Awards (GPA) 2022 untuk kategori smart home appliances.

KEND menawarkan banyak jenis kunci elektronik untuk pintu Anda, harganya pun beragam, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

Kunci elektronik ini memang bisa dikategorikan sebagai smart home appliances atau peralatan rumah pintar. Peralatan ini pun beragam, tidak terbatas pada kunci elektronik saja.

Peralatan rumah pintar adalah barang-barang yang biasanya dapat dikendalikan dan dihubungkan dengan koneksi internet dan dapat dikontrol dari jarak jauh sehingga dapat memudahkan kehidupan penggunanya.

Selain kunci elektronik, peralatan rumah pintar juga dapat ditemukan dalam bentuk robot vacuum, bohlam lampu, kamera CCTV, bel pintu, pemberi makan otomatis untuk hewan peliharaan, smart speaker, dan lainnya.

Sayangnya, dengan segala kemudahan yang ditawarkan, ada pula kekurangannya seperti ketergantungan pada koneksi internet, lebih rentan untuk diretas, dan memerlukan jasa ahli jika terjadi kerusakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+