Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2022, 19:46 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Anjungan minyak lepas pantai biasanya identik dengan tampilan yang kaku dan membosankan.

Terlebih jika sudah menjadi sampah, maka anjungan tersebut akan membuat polusi visuasual yang menggangu. 

Namun, sebuah anjungan minyak bekas di Weston-super-Mare, Inggris berhasil disulap menjadi instalasi seni yang menawan.

Proyek tersebut dikerjakan sebuah studio desain asal Inggris, Newsubtance mengubah anjungan tersebut menjadi instalasi seni publik setinggi 35 meter.

Baca juga: Carta Laminates Gelar Pameran Instalasi Seni dan Kompetisi Foto Desain

Seperti dikutip dari Arch Daily, instalasi tersebut bahkan memiliki air terjun setinggi 10 meter, taman, dan instalasi kinetik sebanyak 6.000 buah, termasuk karya seniman Ivan Black dan Trevor Lee.

Instalasi seni bertajuk “See Monster” tersebut telah dibuka untuk umum sejak 24 September 2022 dan akan hadir hingga 5 November mendatang.

Kehadiran instalasi seni ini untuk menginspirasi orang-orang tentang konsep recycle, energi terbarukan, dan kondisi terkini cuaca Inggris. Ini merupakan bagian dari festival UNBOXED: Creativity in the UK .


Mengubah anjungan minyak menjadi instalasi seni publik yang cocok untuk pengunjung merupakan proyek teknik belum pernah terjadi sebelumnya.

Untuk mengerjakan proyek ini, Newsubtance mengakut anjungan seberat 450 ton ke tepi pantai. Anjungan ini diangkut  dengan bantuan kapal tongkang seukuran lapangan sepak bola dan diangkat dengan derek.

Hadirnya instalasi kinetik pada proyek ini digunakan membentuk sisik monster. Sisik tersebut, terbuat dari aluminium, instalasi ini dirancang untuk menahan unsur-unsur, terutama garam korosif di tepi pantai.

Baca juga: Maruf Amin Minta Gedung Baru UNU Yogyakarta Manfaatkan Panel Surya

Proyek See Monster berusaha mengingatkan para pengunjung tentang sejarah industri yang telah membentuk iklim dunia saat ini.

Manusia dapat mengubah masa depan kita dengan menggunakan kembali infrastruktur seperti anjungan minyak untuk menciptakan struktur baru yang spektakuler.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Arch Daily
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+