Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 14:31 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Quay Quarter Tower (QQT), yang berlokasi di Sydney, Australia telah dinobatkan sebagai gedung terbaik tahun 2022 atau World Building of the Year 2022.

Quay Quarter Tower merupakan gedung pencakar langit yang dirancang oleh firma arsitek asal Kopenhagen, Denmark yakni 3XN Architects.

Pemenang tersebut diumumkan dalam World Architecture Festival (WAF) yang berlangsung pada 30 November hingga 2 Desember 2022 di Lisbon, Portugal.

QQT merupakan gedung setinggi 206 meter yang terletak dekat Sydney Opera House dan merupakan gedung perkantoran yang ditata sebagai desa vertikal.

Baca juga: 5 Karya Arsitektur di Asia Juarai World Architecture Festival 2022

Gedung ini dirancang seperti atrium bertumpuk menciptakan ruang sosial dengan pemandangan luar biasa. Setiap lantai pun bisa mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Direktur Program WAF, Paul Finch mengatakan proyek Quay Quarter Tower sukses dibangin dengan mempertahankan sebagian besar gedung lama yang sudah berusia lima puluh tahun. Proyek ini merupakan contoh sukses untuk penggunaan kembali bangunan secara adaptif.

“Jejak karbon yang dihasilkan sangat minim. Ini adalah contoh desain ruang kerja antisipatif yang diproduksi sebelum pandemi Covid-19 dan tetap memberikan ruang yang sehat dan menarik bagi pengguna pasca-pandemi,” jelas Paul dalam rilisnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Menilik Pentingnya Konstruksi Anti-gempa di Gedung Bertingkat

Sementara perpustakaan di China, Pingtan Children Library dianugerahi gedung dengan interior terbaik atau World Interior of the Year 2022. 

Pingtan Children Library dianugerahi gelar World Interior of the Year 2022.Sai Zhao Pingtan Children Library dianugerahi gelar World Interior of the Year 2022.

Perpustakaan tersebut dibuat dari struktur kayu dan memiliki bentuk yang mengacu pada tipologi bangunan tradisional setempat yakni 'Rumah Dong'.

Untuk kategori Future Project of the Year 2022, dimenangkan oleh jalur pedestrian di Iran yang disebut sebagai Dream Pathway.

Dream Pathway, jalur pedestrian di Iran yang berhasil memenangkan World Architecture Festival 2022 World Architecture Festival 2022 Dream Pathway, jalur pedestrian di Iran yang berhasil memenangkan World Architecture Festival 2022

Selanjutnya, kategori landscape of the Year 2022, diberikan kepada Shancun Atelier, Sekolah Arsitektur, Universitas Tsinghua + Institut Desain Arsitektur Anshun atas proyek Pelestarian dan Rehabilitasi Lanskap Pedesaan Gaodang.

Pedesaan Gaodang di China yang memenangkan Landscape of the Year 2022 di World Architechture FestivalWorld Architechture Festiva Pedesaan Gaodang di China yang memenangkan Landscape of the Year 2022 di World Architechture Festival

Pedesaan Gaodang merupakan desa tempat kelompok Minoritas Etnis Buyi di Tiongkok Barat Daya bertempat tinggal. Proyek ini juga terpilih sebagai pemenang kategori Landscape Rural.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+