BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Punya Daya Tarik Tersendiri, Ini Alasan Tinggal di Kota Mandiri Jadi Pilihan Tepat

Kompas.com - 23/12/2022, 20:13 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah kalangan kini melirik kawasan kota mandiri sebagai tempat tinggal. Dengan berbagai pertimbangan, kota mandiri jadi pilihan masuk akal untuk mendukung gaya hidup di era modern.

Selain memiliki konsep menarik berbasis smart city, kota mandiri mengedepankan lingkungan hijau sehingga dapat menjamin kualitas hidup penghuninya dengan lebih baik.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (4/12/2022), kota mandiri merupakan hasil pembangunan serta pengembangan suatu kawasan untuk sejumlah peruntukan, seperti tempat tinggal, perkantoran, pusat bisnis, hiburan, dan fasilitas umum.

Kota mandiri juga bisa menjadi solusi ideal untuk mengatasi sejumlah permasalahan dalam perencanaan wilayah. Salah satunya adalah kepadatan penduduk yang jamak terjadi di kota-kota metropolitan, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Karena itulah, kota mandiri dibangun di sekitar kota utama tersebut.

Baca juga: Menelisik Desain Interior Rumah Bergaya Asia yang Sedang Tren

Sebagai perwujudan kota baru, kawasan residensial tersebut dirancang untuk memberi pengalaman berbeda bagi penghuninya. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan fasilitas lengkap, mulai dari untuk kehidupan sehari-hari, bekerja, pengembangan bisnis, hingga bermain dan berwisata.

Berikut adalah empat fasilitas yang menjadi daya tarik kota mandiri sebagai pilihan tempat tinggal.

1. Fasilitas umum lengkap

Fasilitas yang ditawarkan kota mandiri terbilang lengkap seperti halnya kota metropolitan. Mulai dari sarana rekreasi, seperti taman, pusat perbelanjaan, hingga layanan kesehatan dan pendidikan tersedia di kawasan tersebut. Bahkan, beberapa fasilitas penunjang tersebut dibuat dengan standar internasional.

Pengembang kota mandiri sengaja mendesain sedemikian rupa untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan penghuninya.

Seluruh fasilitas tersebut juga mudah diakses karena dibangun tak jauh dari area perumahan. Dengan begitu, penghuni tak perlu repot pergi ke kota besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Tawarkan Banyak Keuntungan, Ini 4 Alasan Membeli Properti pada Akhir Tahun

Eonna ? BSD CityDok. Sinar Mas Land Eonna ? BSD City

2. Perkantoran dan pusat bisnis

Adapun keuntungan lain tinggal di kota mandiri adalah ketersediaan kawasan perkantoran dan pusat bisnis. Hal ini memudahkan Anda yang berencana menjalankan bisnis selepas pindah ke sana.

Untuk diketahui, perkantoran dan pusat bisnis di kota mandiri biasanya juga sudah dilirik oleh perusahaan kenamaan. Contohnya di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Banten. Pertumbuhan bisnis di kota mandiri itu dinilai makin prospektif sehingga potensial untuk meningkatkan sentimen positif terhadap kinerja bisnis sejumlah perusahaan.

Jika bekerja di salah satu perusahaan tersebut, penghuni bisa pergi ke kantor dengan mudah dan cepat.

3. Konsep kota menarik dan asri

Setiap kota mandiri dibangun dengan konsep tersendiri. Ada yang mengedepankan unsur modern dan mewah, baik dari segi fasilitas maupun tata kotanya. Ada pula kota mandiri yang mengombinasikan konsep modern dan lingkungan hijau sekaligus.

Hal itu dilakukan guna memaksimalkan potensi lokasi kota mandiri itu sendiri yang umumnya berada di kawasan penyangga dengan lingkungan asri.

Baca juga: Dambakan Hunian Mewah dengan Fasilitas Premium? Berikut Karakteristik yang Perlu Diketahui

Kelebihan tersebut tidak dimiliki kota metropolitan, seperti Jakarta. Kota penyangga dikenal memiliki udara yang lebih sejuk, asri, dan kualitas air yang bersih. Hal itu dikarenakan kawasan penyangga memiliki ruang terbuka hijau serta mempertahankan vegetasi pepohonan secara alami.

4. Aksesibilitas dan transit-oriented development (TOD)

Keunggulan lain yang ditawarkan kota mandiri adalah kemudahan akses menuju pusat kota atau daerah di sekitarnya. Kota mandiri bisanya menyediakan sarana dan prasarana pendukung yang memadai seperti, jalan raya, jalan tol, dan infrastruktur transportasi umum.

Sebagai contoh, kota mandiri di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Kota mandiri di kawasan tersebut biasanya sudah disokong sejumlah moda transportasi, mulai dari bus rapid transit (BRT), KRL Commuter Line, Transjakarta, hingga light rail transit (LRT).

Pihak developer pun menilai, pengembangan kota mandiri dengan konsep transit-oriented development (TOD) merupakan suatu keniscayaan sebagai kunci konektivitas antarmoda transportasi.

Kota mandiri di kawasan ideal

Anda yang tengah mempertimbangkan memiliki tempat tinggal atau properti di kota mandiri bisa memilih sejumlah kawasan.

Baca juga: Tren Pertumbuhan Properti Meningkat pada Triwulan I 2022, Ini Keuntungan Investasi Properti

Salah satu kota mandiri ideal yang patut dipertimbangkan untuk tujuan tersebut adalah BSD City dari Sinar Mas Land. Sebagai kota mandiri berbasis smart city, BSD City punya sejumlah kawasan spesifik di dalamnya, mulai dari kawasan perkantoran, pendidikan, wisata atau hiburan, hingga industri.

Berlokasi strategis dan dekat dengan Ibu Kota, BSD City menjadi kawasan yang mudah diakses dari berbagai sisi Jakarta dan Tangerang.

Aksesibilitasnya pun mudah karena BSD City diapit tol Jakarta-Merak dan tol Pondok Indah-BSD City. Kedua tol ini juga terhubung dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR)-Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain itu, BSD City juga dilengkapi dengan Tol Serbaraja yang mengarah ke Balaraja, Tigaraksa, dan daerah sekitarnya. Berkat tol ini, jarak tempuh perjalanan ke kawasan tersebut menjadi lebih singkat.

Penghuni juga bisa menggunakan layanan shuttle bus menuju Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Cisauk yang terintegrasi dengan kawasan Intermoda BSD City. Kemudahan akses tersebut juga dilengkapi dengan ketersediaan transportasi umum lain, seperti Transjakarta, JR Connexion, JAConnexion, dan angkutan kota (angkot).

Baca juga: Ingin Punya Rumah Idaman? Ikuti 4 Tips Berikut untuk Realisasikan Hunian Impian

Untuk diketahui, BSD City juga menawarkan pengalaman live, learn, work, and play bagi penghuni lewat konsep smart city yang diusung.

BSD City dikelilingi dengan fasilitas-fasilitas publik berskala nasional serta internasional, termasuk gedung eksibisi ICE, sekolah BPK Penabur, AEON Mall, Monash University, Prasetiya Mulya, dan Business School. Ketersediaan fasilitas tersebut bisa membuat penghuni semakin nyaman tinggal di sana. Terlebih, BSD City kini bertransformasi menjadi “Integrated Smart Digital City”.

Untuk melengkapi kebutuhan bisnis penghuninya, tersedia pula area perkantoran yang terhubung di kawasan BSD City.

Salah satu area perkantoran unggulan di kawasan BSD City adalah Green Office Park. Kawasan ini dan sejumlah gedung perkantoran di BSD City lain telah mengimplementasikan konsep sustainable development, meliputi green building, low carbon emission, energy saving, water resource management, green waste management, dan less plastic.

Digital Hub ? BSD CityDok. Sinar Mas Land Digital Hub ? BSD City

Upaya pelestarian lingkungan juga diwujudkan BSD City dengan menghadirkan ruang terbuka hijau (RTH) yang tersebar di sejumlah area, yakni Taman Kota 1, Taman Kota 2, dan Taman Kota 3.

Baca juga: Melirik Kawasan Superblok sebagai Hunian? Ketahui Dulu 5 Keunggulannya

Kemudian, BSD City juga mendukung sejumlah pelaku usaha yang menjadi bagian dari ekosistem digital BSD City. Salah satu bentuk dukungan tersebut diwujudkan melalui program talent development yang dilaksanakan di Purwadhika Coding School, NXL E-sports Training Center, dan Imajin Manufacturing Hub.

Dari segi ketersediaan layanan kesehatan, BSD City memiliki tiga rumah sakit bertaraf internasional, yakni Eka Hospital, Rumah Sakit Medika, dan Rumah Sakit Proklamasi.

Sejumlah hotel berbintang juga turut hadir di sana, di antaranya Hotel Santika, Santika Premiere, Pop!, Grand Zuri, Swiss-Bellhotel, Mercure, dan Sapphire Sky Hotel.

Ada pula Pasar Modern (Pasmod) BSD, yakni pasar tradisional dengan konsep modern yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan sentra kuliner.

Rencana kedepannya, Sinar Mas Land juga bakal menghadirkan sejumlah fasilitas lain, yakni Digital Hub, Cimory DairyLand, Jatim Park, dan Korean Town (K-Town).

Baca juga: Selain Rumah Tapak dan Apartemen, Investasi Properti Jenis Ini Juga Menjanjikan Keuntungan

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki properti sekaligus menjadi bagian dari BSD City? Segera lakukan deal secepatnya karena Sinar Mas Land tengah menghadirkan promo menarik untuk kepemilikan properti di BSD City.

Adapun Sinar Mas Land bekerja sama dengan sejumlah bank untuk penawaran promo tersebut, yakni Bank Mandiri, CIMB Niaga, Permata Bank, Maybank, Bank Sinarmas, BCA, BNI, BRI, BTN, UOB, Danamon, OCBC, CCB, Bank Panin, Commonwealth, dan BSI Syariah.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai kawasan di BSD City, silakan berkunjung ke laman resmi Sinar Mas Land, e-catalog, atau hubungi nomor 021-53159000.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.