Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2022, 13:45 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mencatat hingga tanggal 30 November 2022, capaian Program Sejuta Rumah (PSR) di Indonesia telah menembus angka 1.060.486 unit.

“Kami mencatat capaian Program Sejuta Rumah telah menembus angka 1.060.486 unit di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Menurut Iwan, Kementerian PUPR berharap melalui Program Sejuta Rumah ini masyarakat di seluruh wilayah Indonesia bisa tinggal di rumah yang layak huni.

Baca juga: Bidik Rp 4,13 Triliun dari Right Issue, BTN Ekspansi KPR Sejuta Rumah

Selain itu, dengan pembangunan infrastruktur dan perumahan yang masif juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing Indonesia dengan Negara-negara maju lainnya.

Dikatakan, untuk mendorong capaian PSR serta capaian pendataannya, Direktorat Jenderal Perumahan juga telah mengirimkan surat percepatan pendataan pembangunan rumah ke seluruh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) serta Dinas yang menangani perumahan dan permukiman mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/ kota.

Adapun target pembangunan PSR sebanyak 70 persen untuk rumah MBR dan 30 persen rumah non MBR.

“Angka capaian PSR ini baru per tanggal 30 November 2022. Kami yakin angkanya akan terus meningkat sampai akhir Desember 2022 mendatang,” tambah Iwan.'

 

Dari angka 1.060.486 unit yang telah dibangun melalui PSR, capaian tersebut terdiri dari 787.215 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 273.271 unit rumah non MBR.

Adapun rincian capaian rumah MBR sebanyak 787.215 unit terdiri dari pembangunan rumah oleh Kementerian PUPR 406.260 unit, oleh Kementerian/ Lembaga lainnya 1.044 unit, dan pemerintah daerah 57.140 unit.

Selanjutnya adalah rumah yang dibangun oleh pengembang sebanyak 231.071 unit, CSR perumahan 1.761 unit dan masyarakat secara mandiri sebanyak 89.939 unit.

Baca juga: Serap 252 Naker Lokal, Rumah Sakit Terbesar di Kupang Tuntas Digarap

Adapun rumah untuk non MBR sebanyak 273.271 unit terdiri dari rumah yang dibangun pengembang sebanyak 225.729 unit dan masyarakat sebanyak 47.542 unit.

“Kami berharap dukungan dan kerjasama serta kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan untuk mensukseskan Program Sejuta Rumah ini. Dengan rumah yang layak huni ini tentunya masyarakat akan semakin sejahtera dan menghasilkan generasi muda yang sehat dan berdaya saing,” tegas Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+