Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Mayapada Hospital

Mayapada Hospital merupakan salah satu rumah sakit swasta terbaik yang didirikan oleh Mayapada Healthcare Group. Bekerjasama dengan National Healthcare Group (NHG) Singapore, Mayapada Hospital menyediakan pelayanan kesehatan berstandar internasional di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Surabaya.

Adakah Obat atau Terapi yang Terbukti Menyembuhkan Hipertensi?

Kompas.com - 04/06/2022, 16:00 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Apakah penyakit hipertensi bisa disembuhkan? Bila iya, bagaimana cara menyembuhkannya? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan oleh penderita hipertensi di seluruh dunia, termasuk seorang pembaca Kompas.com @Hudisanyoto.

Lewat Instagram @my.kindoflife, dia menyampaikan pertanyaannya untuk subrubrik Halo Prof sebagai berikut:

"Yang terbukti menyembuhkan hipertensi apa dok?"

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Saskia Dyah Handari, Sp.JP(K)., FESC, FAsCC, FASE, Spesialis Jantung & Pembuluh Darah dari Mayapada Hospital Surabaya. Berikut paparannya:

Halo Pak @Hudisanyoto,

Hipertensi disebut sebagai the silent killer karena sering tanpa keluhan, sehingga penderita tidak mengetahui dirinya menyandang hipertensi dan baru diketahui setelah terjadi komplikasi.

Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah yang meningkat melebihi 140/90, dibagi menjadi dua kategori:

  • Hipertensi primer yang tidak diketahui sebabnya dan seringkali dikaitkan dengan faktor genetik atau keturunan
  • Hipertensi sekunder yang disebabkan oleh masalah di organ tubuh atau kondisi medis sebelumnya, misalnya kerusakan jaringan ginjal, tumor di kelenjar supra-adrenal atau pheochromocytoma, dan penyempitan pembuluh darah ginjal atau renal artery stenosis.

Faktanya penyakit darah tinggi ini tidak bisa sembuh, seperti pada penyakit infeksi bakteri yang jika kita berikan antibiotik beberapa hari bisa dinyatakan sembuh karena bakteri sudah hilang, tapi kondisi hipertensi perlu dikendalikan seumur hidup.

Pengendalian berdasarkan jenis hipertensi itu sendiri, misalnya hipertensi primer dengan terapi non farmakologi yang meliputi perubahan gaya hidup dan obat anti hipertensi.

Perubahan gaya hidup antara lain, diet rendah garam termasuk penyedap rasa yang mengandung kadar natrium tinggi, olahraga teratur, diet tinggi serat termasuk sayur dan buah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+