Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Benjolan Kecil seperti Kutil di Testis, Penyakit Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 15/06/2022, 21:00 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Kelainan pada kelamin, apa pun bentuknya, perlu mendapat perhatian khusus. Seorang pembaca Kompas.com berinisial HS menanyakan mengenai benjolan kecil-kecul yang muncul pada kelaminnya. Berikut pertanyaannya:

"Belakangan ini ada seperti benjolan kecil-kecil seperti kutil di kulit testis. Itu kira-kira apa ya, Dok? Harus periksa ke dokter kulit atau dokter kelamin ya, Dok?"

Baca juga: Bagaimana Mekanisme Pemberian Vaksin Kanker Serviks HPV secara Gratis?

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Umi Rinasari, Sp.KK, FINSDV, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Halo Bapak HS,

Dari penjelasan yang Bapak sampaikan, ada dua kemungkinan diagnosis yang dapat terjadi.

Benjolan yang muncul di area kelamin, dapat berupa kutil kelamin yang ditularkan melalui hubungan seksual. Kutil kelamin disebabkan oleh masuknya atau infeksi virus HPV. Kutil kelamin memiliki bentuk berupa tonjolan-tonjolan yang bergerombol berbentuk seperti kembang kol atau tumbuh satu-persatu. Kutil kelamin dapat terasa gatal pada area sekitarnya.

Selain itu, benjolan pada area kelamin/skrotum atau buah zakar, dapat pula disebabkan peradangan akar rambut atau folikulitis, infeksi virus moluskum kontagiosum, herpes genital, atau suatu bentuk kista pada lapisan epidermis kulit.

Baca juga: Apa Itu Virus Herpes dan Bagaimana Penularannya?

Kedua penyebab ini memerlukan penanganan yang berbeda. Untuk itu, sebaiknya Bapak segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan diagnosis mana yang terjadi dan memberikan penanganan yang tepat.

Semoga jawabannya membantu ya, Pak. Salam sehat.

dr. Umi Rinasari, Sp.KK, FINSDV

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

dr. Umi Rinasari, Sp.KK, FINSDV
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
RS Pondok Indah ? Bintaro JayaRS Pondok Indah dr. Umi Rinasari, Sp.KK, FINSDV Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+