Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Kapan Sebaiknya Minum Obat Hipertensi, Pagi atau Malam?

Kompas.com - 21/06/2022, 14:00 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Penderita hipertensi dianjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup dan meminum obat untuk mengontrol tekanan darah. Namun, meminum obat hipertensi tidak boleh sembarangan. Seorang pembaca Kompas.com dengan akun Instagram @Sumami_59 mengirim pertanyaan ke Halo Prof! mengenai waktu untuk meminum obat hipertensi:

"(Yang) terbaik, minum obat hipertensi pagi atau malam ya? Dan minumnya dengan jam yang sama?"

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Lydia Dorothea Simatupang, Sp.PD-KGH, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal dan Hipertensi dari RS Pondok Indah – Puri Indah. Berikut paparannya:

Halo Ibu Sumami, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Baca juga: Adakah Obat atau Terapi yang Terbukti Menyembuhkan Hipertensi?

Ada dua faktor penentu kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat anti-hipertensi, yaitu jenis obat anti-hipertensi yang diresepkan oleh dokter, dan juga kondisi hipertensi Ibu.

Berbeda jenis obat, maka akan berbeda pula waktu pemberiannya. Ada obat yang diminum pagi hari, ada obat yang diminum di malam hari, meski tidak harus selalu di jam yang sama.

Kondisi hipertensi Ibu juga menjadi faktor penentu, apakah tekanan darah Ibu cenderung tinggi ketika pagi hari atau malam hari. Kecenderungan itu yang dapat menjadi dasar penentuan waktu mengonsumsi obat hipertensi.

Yang terpenting adalah ikuti anjuran dokter yang merawat Ibu ya. Minum obat secara teratur, sertai dengan banyak minum air putih, dan jangan lupa rutin cek tekanan darah Ibu, ya. Semoga dengan melakukan hal-hal ini, kondisi hipertensi Ibu dapat terjaga dengan baik.

Baca juga: Minum Obat Hipertensi Seumur Hidup Tidak Sebabkan Penyakit Ginjal, Ini Penjelasannya

Semoga membantu ya, Bu. Salam sehat.

dr. Lydia Dorothea Simatupang, Sp.PD-KGH, FINASIM

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal dan Hipertensi

RS Pondok Indah – Puri Indah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+