Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Nyeri Punggung Sebelah Kiri sampai Lengan dan Leher, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 13/08/2022, 13:00 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com dengan akun Instagram @devtr70 menanyakan mengenai nyeri punggung yang dialaminya ke subrubrik Halo Prof! lewat @kindoflife. Berikut pertanyaannya:

"Punggung belakang sebelah kiri terasa sakit bahkan sampai ke lengan dan leher. Itu kenapa ya, Prof?"

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Widyastuti Srie Utami, Sp.OT (K), Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan Tulang Belakang dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Halo Bapak/Ibu, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Baca juga: Nyeri Punggung Bisa Jadi Tanda 5 Masalah Serius Ini

Seperti kita ketahui, tulang belakang adalah bagian tubuh yang sangat penting. Tulang belakang berfungsi sebagai penyusun postur tubuh terutama saat berdiri dan sebagai pelindung terhadap struktur saraf di belakangnya yakni sumsum tulang belakang beserta akar-akar sarafnya yang merupakan bagian dari sistem saraf pusat.

Struktur saraf tersebut merupakan saraf yang berlanjut dari otak yang dilindungi oleh tengkorak kepala, turun ke bawah di punggung yang dilindungi oleh tulang punggung, kemudian saraf tersebut akan bercabang-cabang dari leher sampai ke punggung untuk mempersarafi anggota gerak (kedua tangan dan kaki).

Saraf pada tulang belakang beserta cabang-cabangnya, tulang belakang, serta struktur lain di sekitar tulang belakang dapat mengalami gangguan, bisa karena proses trauma, infeksi, peradangan, maupun proses penuaan, autoimun, tumor atau keganasan.

Gangguan-gangguan tersebut dapat menunjukkan gejala yang khas dan berbeda-beda. Jika ada gangguan apapun di tulang belakang dapat menimbulkan keluhan pula di daerah lain yang dipersarafi oleh level atau bagian dari persarafan tulang belakang tersebut.

Baca juga: Tiga Ciri Nyeri Pinggang karena Saraf Kejepit

Sebagai contoh, gejala yang Bapak/Ibu alami mungkin dapat diperjelas lagi informasinya, apakah terjadi nyerinya di punggung atas tengah atau bawah, nyeri atau ketidaknyamanan di daerah punggung, leher, pundak, lengan atas kiri.

Lalu, apakah timbul ketika Bapak/Ibu dalam posisi diam atau dalam gerakan atau aktivitas tertentu; adakah keluhan hingga ke lengan bawah, tangan, jari-jari; adakah rasa kebas atau kesemutan, rasa nyeri menjalar atau kelemahan atau tidak.

Hal ini penting untuk ditelusuri lebih lanjut sebab tulang belakang bagian leher juga memiliki persarafan yang bertugas mengatur daerah pundak, punggung atas daerah tulang belikat, lengan atas, lengan bawah, juga tangan, dan jari-jari.

Pada kasus yang lebih lanjut bahkan masalah pada persarafan tulang belakang daerah leher juga bisa menimbulkan rasa pusing di kepala, atau mempengaruhi hingga ke bagian bawah tubuh seperti kelemahan atau berkurangnya kekuatan berdiri berjalan dan masalah keseimbangan.

Namun jangan lupa, kita juga perlu menyingkirkan kemungkinan masalah di organ atau sistem lain.

Sebagai contoh, seperti kita ketahui bahwa di daerah dada sebelah kiri juga terdapat organ jantung. Pasien-pasien dengan kondisi jantung dan sedang mengalami serangan jantung, bisa saja memiliki gejala yang mungkin mirip dengan masalah di tulang belakang leher berupa rasa nyeri di dada atas sebelah kiri, disertai rasa berat ke lengan kiri.

Baca juga: Benarkah Nyeri Pinggang Tanda Sakit Ginjal? Ini Penjelasan Ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+