Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Keputihan dan Pijat Perineum Saat Kehamilan

Kompas.com - 26/01/2023, 06:00 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com berinisial P, usia 30 tahun asal kota Jogjakarta mengenai beberapa hal terkait kehamilan kepada subrubrik Halo Prof! Kompas.com. Berikut pertanyaannya:

Baca juga: Penyebab Keputihan Abnormal dan Cara Mengatasinya

  1. Mengapa muncul keputihan saat trimester 2/3 kehamilan?
  2. Benarkah pijatan perineum melancarkan persalinan? Bagaimana cara pijatnya?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh dr. Mario Krishna, Sp. O.G, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Salam kenal Ibu P, terima kasih atas pertanyaannya. Berikut ini penjelasan saya ya.

Untuk pertanyaan pertama, pada umumnya kondisi area intim setiap wanita usia reproduktif akan lebih lembap.

Hal tersebut berfungsi untuk menghambat bakteri masuk ke area vagina.

Selama keputihan yang muncul tidak berwarna atau bening, lebih baik dibersihkan secara mandiri. Dengan kebersihan area vagina yang baik dan benar, infeksi pada saluran reproduksi akan berkurang.

Yang terpenting pastikan cara membersihkan area intim yang Ibu lakukan sudah benar, yaitu lakukan searah dari arah depan ke belakang dan tidak diulang (bukan dari belakang ke depan atau diulang dari depan ke belakang lalu mulai kembali dari depan dengan tisu yang sama).

Baca juga: Ketahui Tanda-tanda Keputihan yang Normal Menurut Dokter

Untuk pertanyaan kedua, pijatan perineum dapat dilakukan di trimester ketiga mendekati persalinan. Biasanya dapat mulai dilakukan di usia kehamilan 34-35 minggu.

Tujuannya adalah untuk melenturkan otot-otot dasar panggul dan melenturkan dinding perineum sehingga mengurangi risiko robekan dinding perineum saat bersalin.

Pada ibu hamil yang mengalami perdarahan dalam kehamilannya, mengalami infeksi atau luka di daerah vagina, disarankan untuk tidak melakukan pijatan ini atau lebih baik dikonsultasikan dulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang merawat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+