Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+

Mengenal Kaizen, Budaya Kerja Kelas Dunia Asal Jepang

python-ogre.org - 12/06/2022, 11:39 WIB
Penulis Farid Assifa
|

python-ogre.org - Meraih profit atau keuntungan merupakan salah satu tujuan utama sebuah perusahaan. Bahkan perusahaan akan terus berupaya untuk meningkatkan profitnya.

Namun upaya untuk meningkatkan profit ini tentu bukan suatu hal yang mudah. Dibutuhkan beragam cara agar profit terus mengalami peningkatan, di antaranya adalah dengan menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) secara konsisten.

SOP yang belakangan ini banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan maupun instansi di Indonesia adalah budaya kerja asal Jepang yang disebut Kaizen.

Indra Kesuma Nasution, Professional Trainer dari Kebun Tech yang berafiliasi dengan ASEAN Nagoya Club (ANC) Japan mengatakan, Kaizen merupakan budaya kerja kelas dunia dan akan membawa dampak yang luar biasa jika benar-benar diterapkan oleh perusahaan.

Baca juga: Mahasiswa Ingin Produktif, Yuk Coba Teknik Kaizen

 

Menurutnya, Kaizen mengajarkan kedisiplinan seperti layaknya orang-orang Jepang yang dikenal memiliki etos kerja dan disiplin tinggi.

“Kaizen ini berasal dari Bahasa Jepang, Kai yang artinya berubah dan Zen yang memiliki arti baik. Jadi Kaizen ini maknanya adalah menemukan dan mempelajari masalah, kemudian melakukan perbaikan secara mendetail dan terus menerus dengan melibatkan seluruh tim,” kata lulusan S3 International Development, Nagoya University itu dalam keterangan tertulis kepada python-ogre.org, Jumat (10/6/2022).

Indra menambahkan, penerapan Kaizen akan mencapai hasil maksimal jika mengacu pada perilaku 5S. Perilaku 5S tersebut antara lain Seiri (menyusun atau memilah barang sesuai urutan), Seiton (menyimpan dengan teratur), Seiso (aktif membersihkan tempat kerja), Seiketsu (membuat standar kerja pribadi), dan Shitsuke (dilakukan terus menerus).

“Tujuan penerapan 5S dalam konsep Kaizen ini adalah mengurangi Muda-Mura-Muri. Muda artinya pemborosan dan tidak produktif, Mura mengandung makna tidak merata, dan Muri berarti terlalu membebani atau melampaui ambang batas. Jadi Muda-Mura-Muri ini perlahan harus dihilangkan di lingkungan kerja,” imbuh penulis buku ‘Budaya Kerja Kelas Dunia: Mengenal Kaizen dan Omotenashi Jepang’ itu.

Konsep Kaizen pertama kali diterapkan oleh perusahaan Toyota di Jepang setelah Perang Dunia II. Namun saat ini, banyak perusahaan maupun instansi di Indonesia yang mulai mempraktikkan Kaizen dalam budaya kerja mereka. Salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang, Kalimantan Timur.

Direktur RSUD Taman Husada Bontang dr Suhardi SpJp FIHA mengakui, spirit Kaizen sangat luar biasa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+