Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Pesawat Tidak Boleh Melintas di Atas Kabah

Kompas.com - 18/06/2022, 06:30 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa tempat di dunia yang tidak boleh dilewati oleh pesawat, salah satunya adalah Kabah.

Kabah adalah bangunan suci sekaligus kiblat shalat Muslim di dunia, yang berada di dalam Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (13/6/2022), terdapat beberapa penyebab pesawat tidak boleh melintas di atas Kabah.

Penyebab pesawat tidak boleh melintas di atas Kabah

Dilansir dari AFP melalui KOMPAS.com, larangan pesawat terbang di atas Kabah adalah karena Mekkah merupakan kota suci bagi umat Islam.

Baca juga: Menag: Arab Saudi Seharusnya Tidak Menaikkan Biaya Haji Secara Mendadak

Persatuan Pilot Maskapai Penerbangan Nasional (National Union of Airline Pilots atau SNPL) Prancis menyampaikan, larangan terbang ini ditetapkan oleh otoritas Arab Saudi sebagai bentuk penghormatan terhadap Kabah.

Sebuah dokumen tentang syarat penerbangan dan pengoperasian pesawat udara secara umum dari Otoritas Penerbangan Arab Saudi (General Authority of Civil Aviation atau GACA) memuat soal pembatasan penerbangan di dekat masjid-masjid tertentu.

"Siapapun tidak boleh mengoperasikan pesawat udara di atas atau di sekitar area yang akan dikunjungi atau dilalui oleh Penjaga Dua Masjid Suci (the Custodian of the Two Holy Mosques), atau tokoh masyarakat lainnya yang bertentangan dengan batasan yang ditetapkan oleh presiden dan diterbitkan dalam NOTAM," bunyi aturan pembatasan tersebut.

NOTAM adalah singkatan dari notifications to airmen atau pemberitahuan kepada awak pesawat.

Baca juga: Kemenag Buka Lowongan Imam Masjid di Uni Emirat Arab, Cek Syaratnya

Sementara itu, dilansir dari laman Agen Pers Saudi melalui KOMPAS.com, Dua Masjid Suci yang dimaksud adalah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Pada tahun 2017, Otoritas Anti-Rumor Arab Saudi (The Saudi Anti-Rumors Authority) mengunggah sebuah video yang menyampaikan bahwa larangan terbang di atas Mekkah bertujuan untuk menghormati tempat-tempat suci dan tidak mengganggu umat Islam di tempat tersebut.

(Penulis: Ni Nyoman Wira Widyanti)

Sumber: KOMPAS.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+