Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Djulianto Susantio
Penulis di Kompasiana

Blogger Kompasiana bernama Djulianto Susantio adalah seorang yang berprofesi sebagai Freelancer. Kompasiana sendiri merupakan platform opini yang berdiri sejak tahun 2008. Siapapun bisa membuat dan menayangkan kontennya di Kompasiana.

Penemu Candi Borobudur Bukan Raffles melainkan Tan Jin Sing

python-ogre.org - 18/06/2022, 07:49 WIB

Konten ini merupakan kerja sama dengan Kompasiana, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi python-ogre.org

Konten ini merupakan opini/laporan buatan blogger dan telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Penemu Candi Borobudur Bukan Raffles tapi Tan Jin Sing"

python-ogre.org - Kalau ada pertanyaan siapakah penemu Candi Borobudur, boleh jadi rata-rata akan menjawab Raffles atau lengkapnya Sir Thomas Stamford Raffles.

Raffles adalah Gubernur Jenderal Inggris di Jawa pada 1811-1816. Ia rajin mengunjungi daerah-daerah di Jawa sehingga pada akhirnya ia menulis buku History of Java.

Candi Borobudur ditemukan pada 1814 ketika Raffles mengunjungi Semarang. Ketika itu ia mendapat laporan temuan-temuan batu berukir di bukit sekitar Desa Bumisegoro. Kemudian Raffles mengutus asistennya, Cornelius, untuk melakukan penelitian. Selanjutnya mulai 1817 dilakukan pembersihan.

Baca juga: Presiden Jerman Batal Pakai Sandal Upanat di Candi Borobudur, Ini Penyebabnya

Namun dalam bukunya History of Java versi terjemahan Bahasa Indonesia (Penerbit Narasi, 2008), nama Borobudur hanya disebutkan singkat. Justru lebih banyak tentang kompleks Candi Prambanan.

"Penampakan secara keseluruhan merupakan bangunan yang kokoh, dan tingginya sekitar 100 kaki, puncak menara sekitar 20 kaki, namun telah runtuh. Hampir semua bagian interior merupakan bukit itu sendiri," demikian Raffles tentang Borobodur.

"Dalam penambahan pernyataan mereka tentang dua reruntuhan benda-benda kuno, Brambanan dan Boro Bodo, merupakan benda-benda yang mengagumkan sebagai karya yang agung. Beberapa luas bangunan tertutup tanaman yang begitu indah. Namun kehancuran pun telah terjadi secara perlahan di beberapa tempat," demikian Raffles tentang Prambanan dan Borobudur. Berikutnya Raffles berbicara tentang Candi Prambanan, Candi Kebon Dalem, Candi Sewu, Candi Kalibening, dan Candi Sukuh.

Banyak orang memang meragukan Raffles sebagai penemu Candi Borobudur. Hanya karena ia seorang Gubernur Jenderal, namanya mencuat. Mungkin lebih tepat dikatakan Candi Borobudur ditemukan pada masa pemerintahan Raffles, bukan oleh Raffles tentunya.

Tan Jin Sing

Ada lagi pendapat bahwa sebenarnya penemu Candi Borobudur adalah Tan Jin Sing (1760-1831). Ceritanya bermula ketika pada 1793, ia diangkat menjadi Kapiten Cina untuk daerah Kedu. Pada 1802 ia bertugas sebagai Kapiten Cina di Yogyakarta. Pada 1813 Tan Jin Sing dilantik sebagai Bupati Yogyakarta dengan gelar KRT Secodiningrat.

Pada 1811 Tan Jin Sing pernah bertemu Raffles. Kata Raffles kepada Tan Jin Sing, "Saya kini juga sedang mempelajari sejarah Jawa, termasuk bahasa dan kebudayaannya, sehingga senang sekali bila bisa mendapat buku-buku dan naskah-naskah yang berkaitan" (Tan Jin Sing, 1990, hal. 18).

Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung python-ogre.org+