Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Septian Ananggadipa
Penulis di Kompasiana

Blogger Kompasiana bernama Septian Ananggadipa adalah seorang yang berprofesi sebagai Auditor. Kompasiana sendiri merupakan platform opini yang berdiri sejak tahun 2008. Siapapun bisa membuat dan menayangkan kontennya di Kompasiana.

Mengenal Venture Capital, "Para Sultan" Penyuntik Modal

Kompas.com - 25/06/2022, 07:22 WIB

Konten ini merupakan kerja sama dengan Kompasiana, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.com

Konten ini merupakan opini/laporan buatan blogger dan telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Mengenal Venture Capital, Para Sultan Penyuntik Modal"

KOMPAS.com - Sejak era teknologi berkembang sangat pesat, sering kita dengar banyak perusahaan rintisan atau startup yang memperoleh suntikan modal berjuta-juta dolar dari Venture Capital.

Misalnya Gojek, dulu berawal  di tahun 2010 sebagai perusahaan call center pemesanan ojek, kini berevolusi menjadi aplikator transportasi online, pesan antar makanan, hingga layanan finansial. Bahkan juga "menggurita" ke bidang e-commerce (Tokopedia), bank digital (Jago), hingga berbagai afiliasi perusahaan lainnya.

Selain GOTO, ada juga startup lain yang nilainya sudah menembus miliaran dolar seperti Kopi Kenangan, Bukalapak, Traveloka, Xendit, J&T Express, hingga Ajaib.

Padahal para startup itu rata-rata baru beroperasi kurang dari 20 tahun lho. Nah, mereka bisa berkembang sangat pesat seperti itu, pernahkah kita bertanya-tanya, dari mana duitnya?

Baca juga: Tesla Buka Kantor di Thailand dengan Modal Rp 1,27 Miliar

Bukan dari dana pemerintah, atau bank, justru sebagian besar dana yang digunakan oleh startup untuk terbang tinggi ini berasal dari para "Sultan" Venture Capital atau biasa disebut VC.

Nah, apa sih VC itu? uang jutaan dolar yang disuntikkan ke para startup itu asalnya dari mana? ayo kita kulik sama-sama.

Arus Modal Global

Bicara tentang Venture Capital (VC), sejatinya adalah salah satu dari sekian banyak model bisnis perusahaan investasi. Mengutip artikel di Investopedia, VC diartikan sebagai berikut.

Venture capital (VC) is a form of private equity and a type of financing that investors provide to startup companies and small businesses that are believed to have long-term growth potential

Jadi, VC ini merupakan perusahaan swasta yang mengelola investasi kepada perusahaan-perusahaan rintisan yang diyakini memiliki pertumbuhan dalam jangka panjang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+