Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBNU Dukung Sepenuh Hati Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina

Kompas.com - 26/06/2022, 16:24 WIB
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendukung sepenuh hati langkah Presiden Joko Widodo berkunjung ke Rusia dan Ukraina dalam upaya menjalankan misi perdamaian untuk menghentikan perang kedua negara itu yang sudah berjala cukup lama ini.

Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Rahmat Hidayat Pulungan (RHP) menilai, Jokowi sebagai Presiden G20 sudah sangat tepat ikut terlibat dalam mendamaikan konflik dua negara di Eropa Timur.

Menurut RHP, apa yang dilakukan Jokowi itu sesuai dengan amanat pembukaan Undang-undang Dasar 1945 aliena keempat, yakni melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Baca juga: Jokowi Akan Temui Putin dan Zelensky, Desak Akhiri Perang

"Bangsa Indonesia harus ikut terlibat dalam perdamaian dunia karena merupakan cita-cita kemerdekaan dan tujuan politik luar negeri Indonesia," kata RHP kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (26/6/2022).

Kata RHP, kehadiran Jokowi adalah langkah strategis yang ditunggu semua pihak di seluruh dunia. Usaha ini harus didukung dan didoakan oleh rakyat Indonesia.

"Kunjungan ini memberikan pesan kepada kita bahwa perlu keberanian dalam menghadapi situasi yang sangat kritis ini," tandasnya.

"PBNU mendoakan agar kunjungan Pak Jokowi berjalan dengan selamat, aman dan menghasilkan yang terbaik untuk perdamaian dunia dan umat manusia," lanjut RHP.

Pria yang akrab disapa Bang Ucok ini optimistis bahwa apa yang dikerjakan Jokowi akan membuahkan hasil karena upayanya itu didukung oleh seluruh negara dan umat manusia untuk mengakhiri konflik yang telah banyak memakan korban manusia, menimbulkan kerugian materil dan lainnya.

"Konflik ini pada akhirnya akan melelahkan semua pihak, mengorbankan kemanusiaan dan akhirnya menghancurkan peradaban," kata RHP.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo mulai melakukan misi perdamaian untuk menghentikan perang Rusia-Ukraina.

Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, terlebih dahulu mengunjungi Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

Baca juga: Misi Jokowi Temui Zelensky dan Putin untuk Hentikan Perang

Setelah itu, Jokowi bertolak ke Ukraina dan Rusia untuk membahas uapaya dialog antar kedua negara itu demi menghentikan perang yang melelahkan.

"Di dua negara tersebut, saya mengusung misi yang sama: Mengajak kedua pemimpin untuk membuka ruang dialog dan menghentikan perang," tandas Jokowi dalam akun Instagram resmi miliknya, @jokowi, Minggu (26/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+